This video contains endoscopic appearence of adeno Ca in Barrett

Rabu, 27 April 2011

Endoskopi Saluran Cerna




Endoskopi adalah suatu tindakan diagnostik dan terapeutik di Bidang Gastroenterohepatologi. Endoskopi adalah alat yang digunakan untuk memeriksa bagian saluran cerna manusia secara visual dengan membidik melalui alat tersebut / melihat melalui layar monitor,sehingga dapat dilihat sejelas-jelasnya setiap kelainan saluran cerna.

Endoskop biasanya digunakan bersama layar monitor sehingga gambaran organ yang diperiksa tidak hanya dilihat sendiri oleh operator, tetapi juga oleh orang lain di sekitarnya. Gambar yang diperoleh selama pemeriksaan biasanya direkam untuk dokumentasi atau evaluasi lebih lanjut.Secara sederhana dalam bahasa awam teknik endoskopi adalah memasukkan sebuah kamera mungil ke dalam lumen usus manusia sehingga citra lumen usus dapat ditampilkan di layar monitor dalam bentuk video.

Beberapa jenis gangguan yang dapat dilihat dengan endoskopi antara lain : abses, sirosis biliaris, perdarahan, bronkhitis, kanker, kista, batu empedu, tumor, polip, tukak, dan lain-lain.

Pemeriksaan endoskopi  ini merupakan salah satu sarana penunjang diagnostik yang cukup handal. Setelah ditemukannya endoskopi  yang lentur  perkembangan Gastroenterohepatologi menjadi pesat dan bahkan alat tersebut saat ini dapat juga dipakai sebagai alat terapeutik.

Endoskopi tidak hanya berfungsi sebagai alat periksa tetapi juga untuk melakukan tindakan medis seperti pengangkatan polip, penjahitan, dan lain-lain. Selain itu, endoskopi juga dapat digunakan untuk mengambil sampel jaringan jika dicurigai jaringan tersebut terkena kanker atau gangguan lainnya.

Endoskopi  membantu seorang dokter untuk melihat langsung kondisi lumen saluran cerna termasuk saluran pankreas, kandung empedu beserta salurannya. Dengan melihat langsung keadaan dalam lumen tersebut tentu lebih banyak memberikan informasi dibandingkan dengan hasil yang diperoleh menggunakan cara tak langsung seperti menggunakan x-ray maupun CT-Scan.

Suatu hal yang penting bahwa seorang ahli endoskopi haruslah seseorang yang mempunyai pengetahuan mengenai saluran cerna, menguasai teknik serta keterampilan yang cukup untuk melakukan tindakan endoskopi . Di berbagai negara termasuk di Indonesia perkumpulan ahli Gastroenterologi-nya telah membuat suatu konsensus mengenai penggunaan endoskopi. Konsensus tersebut meliputi persyaratan pemakaian, pelatihan petugas, ekspertise serta penerapannya dalam penanganan penderita yang secara berkala selalu dapat diperbaharui sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Untuk melakukan tindakan endoskopi  diperlukan pengetahuan, pendidikan, pelatihan ketrampilan serta pengalaman yang cukup untuk mencapai kompetensi yang telah dtetapkan oleh kolegium dokter subspesialis gastroenterohepatologi.Untuk dapat menguasai prosedur Endoskopi  diperlukan syarat-syarat dasar tertentu di antaranya adalah menjalani pendidikan / pelatihan di pusat pelayanan kesehatan atau rumah sakit pendidikan yang memiliki fasilitas dan tenaga ahli endoskopi.

Pusat Endoskopi Saluran Cerna RSCM

Sejak Februari 2011 Pusat Endoskopi Saluran Cerna di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo telah diresmikan dan telah memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan diagnostik dan terapeutik di Bidang gastroenterologi. Pusat tersebut terletak di tengah-tengah RSCM, tepatnya di Belakang Gedung IGD RSCM.

7 komentar:

  1. Hai Mbak,
    Kalau pemeriksaan endoskopi di rscm kira-kira biayanya berapa ya?

    BalasHapus
  2. Endoskopi di RSCM tuh kemaren nganterin Bapake temen kalo ga ada apa2, hanya biaya endoskopinya doang Rp 700-Rp800ribu. Syaratnya ada surat rujukan dari RS lain atau dokter praktek atau puskesmas. Kalo ga ada bisa periksa dulu di Poli Gastro Penyakit Dalam RSCM di gedung URJT lantai 2. Salam Sehat.

    BalasHapus
  3. Mba, klo Visual Endoskopi dsna qr2 brp biaya ny ya? sptnya pa2h sy (+) ada daging di ulcer ny... mksh sblmny...

    BalasHapus
  4. Berapa biaya endoskopi ya Bu Dokter?

    BalasHapus
  5. waduh pak wawan sy tuh perawat biayanya 1 juta 50 ribu klw egd, teropong atas yah, 1 juta 800 ribu klw teropong bawah, tapi sekarang sy sdh tidah di endoskopi saluran cerna lagi, sy di pulmonologi, bronchoscopy, teropong saluran nafas.

    BalasHapus
  6. Mbak klu untuk penyakit Kista Tiroid jga apa harus diperiksa pake alat Endoskopi yak?

    BalasHapus
  7. klo mau endoskopi di rscm menunggu berapa lama ya sesudah kita datang pertama kli dengan surat rujukan. dengan bpjs bayar ga?trims

    BalasHapus